Keunikan Trading Binary, Memudahkan Atau Membingungkan?

Buka akun trading binary
Sebagai broker dengan janji untuk selalu meningkatkan layanan trading binary options, Binary telah berhasil membuatkan model kondisi trading dengan platformnya yang unik dan menarik. Binary tidak hanya melengkapi kliennya dengan berbagai fitur ekstra, tetapi juga mencantumkan keistimewaan tersendiri pada layanannya.


Binary.com yaitu satu dari sedikit broker yang memiliki tipe trading touch sekaligus boundary. Tidak hanya itu, broker binary yang sudah mendapat regulasi dari FSA Malta ini juga berbagi dan memakai platform miliknya sendiri. Hal ini tentu saja menjadi salah satu keistimewaan tersendiri mengingat kebanyakan broker binary options dikala ini masih memanfaatkan jasa provider platform.

Namun, tidak semua keunikan di Binary.com mampu menyediakan fasilitas pada semua kalangan trader. Ada beberapa aspek yang justru menambah kerumitan trading kalau tidak dimanfaatkan dengan cara yang benar. Berikut ialah klarifikasi lebih lanjut tentang masing-masing keunikan trading di Binary.com:

Fasilitas Chart


Ketersediaan chart harga merupakan salah satu keunggulan Binary.com yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Tidak tanggung-tanggung, broker ini memperlihatkan 4 jenis chart, adalah Chart Java, Chart Live, Chart High, dan TradingView.

Chart Java merupakan aplikasi yang bisa diunduh dan menyediakan tampilan grafik dengan support aneka macam macam time frame serta indikator teknikal. Chart Live yaitu chart harga yang bisa dilihat eksklusif pada bab bawah platform trading. Terdapat banyak pilihan time frame di sini, mulai dari 10 menit sampai 1 tahun. Trader juga mampu mengatur sendiri tanggal dan waktu time frame.

Tampilan chart live di Binary



Chart High
memberikan terusan langsung dari web untuk menampilkan grafik dari Chart Java. Sementara pada TradingView, Grafik harga terpampang dalam format full view sehingga trader mampu memaksimalkan analisa dengan derma chart, variasi time frame, serta aneka macam macam indikator teknikal.

Informasi Trading


Binary mempunyai sistem isu yang transparan mengenai seluk beluk kondisi tradingnya. Pada platform, terdapat keterangan perihal cara kerja setiap option. Selain itu, trader juga mampu mengakses klarifikasi lebih lanjut mengenai jenis trading, range harga harian, serta tabel harga untuk melihat daftar rate return di bab bawah platform.

Akses berita mengenai rentang expiry time dan jenis tradingtersedia pula di setiap instrumen trading pada halaman Asset Index. Untuk detail waktu perdagangan di instrumen tertentu, trader mampu mengetahuinya dengan membuka halaman
"Trading Times" di bab "Resources".

Resale Option


Fitur ini memiliki fungsi yang sama dengan fasilitas sell back pada platform broker binary lain. Dengan adanya layanan ini, trader mampu mencegah kerugian total dengan menjual kembali option yang telah ditempatkan. Harga jual disediakan oleh broker dan bisa berubah-ubah sesuai dengan pergerakan harga. Apabila trader telah yakin bahwa optionnya tidak akan berakhir in-the-money, langkah resale mampu diambil untuk membatasi kerugian.

Misalnya, trader yang menempatkan option Higher dengan kapital sebesar 50 USD menerima konfirmasi sinyal bahwa harga tidak akan bergerak di level yang lebih tinggi dari entry spot ketike expiry time tiba. Oleh karena itu, dikala option masih terbuka beliau menetapkan untuk menjual option tersebut dengan harga jual senilai 30 USD. Apabila harga benar-benar berakhir di level yang lebih rendah dari poin entry, maka trader dapat menyelamatkan 30 USD dari keseluruhan kapitalnya.

Resale umumnya tersedia untuk option dengan expiry time di atas 1 menit. Dalam kondisi tertentu, fitur ini memang gres diaktifkan sehabis option berjalan setidaknya dalam waktu 1 menit.

Instrumen Trading Tambahan


Mencantumkan pair forex, komoditas, saham, dan indeks saham dalam daftar instrumen trading sudah biasa dan banyak dilakukan oleh hampir semua broker binary. Namun bagaimana dengan adanya jenis instrumen di luar daftar tersebut?

Tidak hanya menyediakan banyak sekali macam instrumen pada semua kelas aset di atas, Binary juga menambahkan Random Markets dan Smart Index sebagai instrumen embel-embel yang dilengkapi dengan kondisi trading khusus.

Random Markets misalnya, merupakan sebuah pasar simulasi yang pergerakan harganya ditentukan secara otomatis oleh sistem. Variasi instrumen dibagi menjadi:

  • Random Indeks(menggambarkan tingkat volatilitas sesuai dengan nilai indeks)
    • Indeks Random 25
    • Indeks Random 50
    • Indeks Random 75
    • Indeks Random 100

  • Random Quotidians (harga direset kembali ke level 1000 setiap harinya pada 00:00 GMT)
    • Random Bull: mensimulasikan pergerakan bullish
    • Random Bear: menggambarkan pergerakan bearish
    • Random Sun: mempunyai volatilitas tinggi di siang hari
    • Random Moon: bergerak dengan volatilitas tinggi di malam hari

  • Random Nocturnes (harga direset kembali ke level 1000 setiap harinya pada 12PM GMT)
    • Random Yin: mensimulasikan pergerakan bearish
    • Random Yang: mewakili pergerakan market bullish
    • Random Mars: memiliki volatilitas tinggi di siang hari
    • Random Venus: bergerak dengan volatilitas tinggi di malam hari

Kelebihan khusus dari instrumen Random adalah adanya pilihan untuk membuka option dengan jenis trading yang lebih bermacam-macam. Selain dengan High/Low, touch, dan boundary options, terdapat pilihan untuk trading dengan tipe Asian, Digit, dan Spreads. Penjelasan wacana masing-masing jenis ini akan dibahas pada bab berikutnya pada variasi jenis trading di Binary.com.


Sementara itu, Smart Index yakni instrumen sintetis dari indeks saham yang bergotong-royong (Cash Index). Makara, suatu instrumen smart seperti US Smart Index akan memiliki orientasi pergerakan harga yang seperti dengan US Index. Tujuan diciptakannya instrumen ini yakni untuk memfasilitasi trader indeks saham dengan expiry time singkat dan jam buka pasar yang lebih panjang.

Pada kurun awal dibukanya instrumen ini, Binary.com telah menawarkan 8 macam Smart Index adalah:

  • Dutch Smart Index (indeks saham sintetis dari Dutch Index)
  • Euro 50 Smart Index (indeks saham sintetis dari Euro 50 Index)
  • French Smart Index (indeks saham sintetis dari French Index)
  • German Smart Index (indeks saham sintetis dari German Index)
  • Japanese Smart Index (indeks saham sintetis dari Japanese Index)
  • UK Smart Index (indeks saham sintetis dari UK Index)
  • US Smart Index (indeks saham sintetis dari US Index)
  • Wallstreet Smart Index (indeks saham sintetis dari Wallstreet Index)

Instrumen Smart Index hanya mempunyai pilihan expiry time dalam hitungan detik dan menit. Akan tetapi, waktu aktif trading di pasar Smart Index lebih usang jika dibandingkan dengan Cash Index. Pada halaman waktu trading di situs utama Binary.com, jam buka trading untuk Cash Index rata-rata berada pada kisaran 6-8 jam. Sementara itu, instrumen Smart Index bisa ditradingkan dalam rentang waktu 6-12 jam.

Variasi Jenis Option


Jenis trading binary options hingga kini telah mengalami banyak pengembangan dengan dibukanya touch, boundary, dan turbo trading. Namun, belum banyak broker yang menyediakan semua jenis trading tersebut secara lengkap. Sebagian justru hanya membuka opsi High/Low saja.

Binary.com termasuk salah satu dari beberapa broker yang menawarkan semua jenis option. Broker ini juga menunjukkan lebih banyak pilihan di masing-masing tipe trading. Sehingga, High/Low (pada Binary.com disebut sebagai Up/Down) tidak hanya sebatas pada pilihan "naik" atau "turun" saja, begitu pula dengan opsi pada boundary trading (In/Out).

Untuk Up/Down, terdapat 2 variasi yaitu Rise/Fall dan Higher/Lower. Perbedaan ada pada kapasitas opsi Higher/Lower untuk menunjukkan pilihan lebih dalam memilih target harga. Target harga ini bisa diiisikan pada kolom barrier sempurna di bawah harga spot pada platform trading. Dengan adanya fitur ekstra ini, trader bisa lebih bebas menentukan pada level mana harga akan mulai bergerak naik (Higher) atau turun (Lower).


Sementara itu, variasi pada boundary options terletak pada kondisi pergerakan harga. Opsi Ends Between/Outside akan dinyatakan in-the-money bila harga berada sempurna berada di dalam range harga (untuk option Ends Between) atau finish di luar range (untuk option Ends Outside) ketika expiry time tiba. Untuk option Stays Between/Outside, trader akan tetap in-the-money walaupun harga tidak berada di area yang seharusnya ketika waktu expiry time habis. Sebagai contoh, option Stays Between mampu tetap in-the-money asalkan harga sempat berada di dalam range harge selama option berjalan.

Kondisi boundary trading di broker ini semakin dimudahkan dengan adanya kolom barrier pada kedua jenis option, sehingga trader mampu menetapkan sendiri range harga yang dikehendaki.

Di luar jenis options di atas, Binary juga memiliki pemanis tipe trading khusus untuk trading dengan Random Markets. Jenis trading tersebut di antaranya yakni:

  • Asians: Terdiri dari Asian Up dan Down, tipe trading ini membandingkan pergerakan harga terakhir dengan perolehan rata-rata harga selama waktu option masih berjalan. Sebagai pola, trader A bertrading dengan instrumen Random Bear, dan menentukan option Asian Up dengan expiry time 5 ticks. Option tersebut akan berakhir in-the-money apabila saat expiry time datang, harga bergerak di level yang lebih tinggi dari perhitungan rata-rata harga dalam periode waktu 5 ticks.
  • Digits: Jenis trading ini menawarkan pilihan untuk memperkirakan digit terakhir dari quote harga instrumen Random. Tipe option ini terdiri dari Matches dan Differs.
  • Spreads: Trader akan mendapat payout dari setiap poin kenaikan atau penurunan harga. Terdiri dari Long dan Short, option ini memiliki batas stop loss dan stop profit untuk memilih batas kerugian dan laba.


Tick Trade


Pada pembahasan di atas telah terdapat istilah tick dalam pola trading dengan option Asians. Tick sendiri yakni pengembangan expiry time dari Binary.com yang mewakili perhitungan waktu selama 2 detik untuk setiap tick-nya. Sehingga, jika trader menentukan 5 ticks sebagai waktu expiry time, maka option yang ditempatkan hanya akan berjalan selama 10 detik saja.

Pilihan expiry time dengan satuan tick ini merupakan terobosan yang lebih signifikan dari turbo trading. Selama ini, broker-broker binary options yang mengadopsi turbo trading hanya mampu menyediakan waktu expiry terendah sebatas 60 detik atau 30 detik saja. Tick trading tersedia untuk sebagian besar pair forex dan semua instrumen di Random Markets.

Model Kalkulasi Payout


Keunikan Binary yang satu ini boleh jadi sulit dipahami pada awalnya. Namun dengan platform yang memiliki tampilan info lengkap dan selalu terupdate, tidak sulit bagi trader untuk menyesuaikan diri dengan model perhitungan payout di broker ini.

Tidak mirip pada platform broker lain yang dengan terang menunjukkan kolom untuk menempatkan jumlah kapital, Binary.com justru menyediakan kolom bagi trader untuk mengisikan eksklusif jumlah payout yang ingin diperoleh. Setelah mengisikan jumlah yang diinginkan, trader mampu meng-klik "get prices", dan jumlah kapital akan pribadi terpampang di samping platform option.




Contoh perhitungan payout pada platform Binary

Pada contoh gambar di atas, tampak bahwa trader menempatkan dulu jumlah payout sebesar 100 USD untuk melihat berapa kapital yang perlu ditempatkan untuk opsi Higher atau Lower. Apabila trader memilih opsi Lower dengan tingkat return sebesar 74%, maka dia perlu menempatkan kapital sebesar 57.58 USD untuk mendepatkan net profit sebanyak 47.42 USD. Jika angka kapital dan net profit dijumlahkan, maka trader akan menerima payout sebesar 100 USD.


Pro Kontra Keunikan Trading Binary


Pro:

  • Adanya fasilits chart harga dan info trading dapat memberi fasilitas yang menguntungkan bagi trader. Variasi chart mampu menjadi fasilitas trading untuk membantu proses analisa, sedangkan berita trading bisa menjadi panduan lengkap bagi trader untuk menentukan jenis dan instrumen trading terbaik.
  • Sementara itu, resale bisa menunjukkan solusi stop loss untuk trading binary options. Namun sebaiknya trader juga memiliki konfirmasi yang berpengaruh sebelum memakai fitur ini karena harga jual option umumnya lebih rendah dari angka kapital. Sehingga apabila harga ternyata kembali bergerak ke posisi yang menguntungkan, penggunaan resale justru akan merugikan trader.


Kontra:

  • Mencoba instrumen trading baru memang tidak ada salahnya, namun untuk kesuksesan jangka panjang trader selalu disarankan untuk menentukan instrumen yang gampang dipahami dan mampu dianalisa pergerakannya, baik secara teknikal maupun fundamental. Dengan kondisi Random Markets dan Smart Index yang hanya menjadi simulasi dan turunan dari indeks saham, tentu akan sulit untuk memahami karakteristik pasar dan menganalisa teladan pergerakan harganya secara mendalam.
  • Tick trading juga mampu menjadi cara trading beresiko tinggi, terutama bagi trader pendatang baru. Trading dengan expiry time 60 detik saja sudah dianggap sebagai metode trading beresiko tinggi, apalagi dengan waktu expiry 10 detik. Bisa dibilang, trading dalam kurun waktu tersebut hanya bersifat spekulatif dan hampir tidak mungkin untuk dilakukan secara objektif.
  • Perhitungan payout di Binary.com mampu menjadi kesulitan tersendiri bagi trader yang belum terbiasa menggunakan platform di broker ini. Hal ini secara otomatis menambah darftar keunikan di Binary yang bukannya mempermudah, namun justru mempersulit trading.


Kesimpulan Dan Saran


Dari klarifikasi banyak sekali keunikan Binary di atas, mampu ditarik kesimpulan bahwa broker ini memang menawarkan layanan yang jarang ada di broker lain. Meski demikian, trader juga perlu berhati-hati untuk memakai beberapa fitur di atas. Hal ini alasannya adalah adanya resiko negatif dari beberapa keunikan kondisi di Binary.

Untuk bisa memanfaatkan keunikan fitur di Binary, pergunakanlah fasilitas-akomodasi yang sudah pasti menguntungkan terlebih dulu. Mengenai fitur yang kemudahannya masih meragukan, trader mampu mencoba penggunaannya di akun demo gratis sebelum mengaplikasikannya untuk trading di akun real.

Sebagai broker dengan komitmen untuk selalu meningkatkan layanan trading binary options Keunikan Trading Binary, Memudahkan Atau Membingungkan?


sumber: seputarforex.com
Buka akun trading binary

Post a Comment